Bahan Dasar

Multipleks / Plywood

Salah satu material dari jenis kayu olahan yang umum digunakan. Soal kekuatan tidak diragukan namun memiliki harga yang cukup terjangkau.
Multipleks terbuat dari kayu tipis yang ditumpuk dan direkatkan hingga mencapai ketebalan tertentu.
Kayu yang digunakan terdiri atas beragam jenis dalam satu lembarnya, polywood Multipleks merupakan hasil perekatan/press dari beberapa lembaran kayu/triplek/multiplek dengan tekanan tinggi.Kayu lapis memiliki beberapa jenis ketebalan.Ketebalan plywood menentukan kekuatan furniture tersebut.Kayu lapis yang terdiri dari tiga lembar kayu disebut tripleks.Sedangkan yang terdiri dari lebih dari tiga lembar kayu, disebut multipleks.Harga plywood sudah pasti lebih murah dari pada kayu solid.
Umumnya plywood digunakan untuk membuat lemari pakaian, kitchen set, meja, tempat tidur, ataupun rak buku. Ketebalan kayu lapis dipasaran bervariasi, mulai dari 3mm, 4mm, 9mm, dan 18mm dengan ukuran penampang standart yaitu 120cm x 240cm.

TeakBlock

Teakblock termasuk kelompok multipleksdi mana lapisan terluarnya adalah kayu jati, namun di bagian dalam adalah kayu lunak.Teakblock hanya menonjolkan pola kayu pada lapiasan luarnya yang biasanya menggunakan lapisan kayu jati. Teakblock sering digunakan di industri mebel di indonesia.

Block Board

BLOCKBOARD adalah Balok-balok kayu berukuran 4cm-5cm dipadatkan menggunakan mesin, setelah itu diberi pelapis, sehingga hasil akhirnya berupa lembaran seperti papan kayu.
Blockboard terdiri dari 3 lapisan, yaitu lapisan pertama wajah (Face) yang berasal dari lembaran Plywood 0,5 ~ 2 mm. Lapisan kedua / inti berikutnya (Core) yang terbuat dari kayu hutan seperti kayu meranti atau kayu seperti kayu albasia yang sudah potong – potong, serta laminasi dan dibuat sedemikian rupa dengan ketebalan berkirar 10 ~ 14 mm. Dan lapisan ketiga /belakang (Kembali) terbuat dari lembaran Plywood 0,5 ~ 2,0 mm tebal.